Selamat Datang di Blog PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Sulawesi Tenggara
Berita Terbaru :

Monday 16 June 2014

Senyummu Adalah Bahagiaku...!!!

Pemberian dana bantuan sosial
PNPM - MPd 
Berawal dari adanya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton, yang kegiatannya meliputi kegiatan fisik (sarana) dan kegiatan Dana Bergulir (Simpan Pinjam Khusus Perempuan).  Pengelolaan Dana Bergulir tahun anggaran 2013 oleh Unit Pengelola Kegiatan (UPK) membuahkan surplus di akhir tahun atau ada alokasi yang diperuntukkan kegiatan Kelembagaan, Kegiatan Sosial dan Bonus UPK. Hal ini tidak terlepas dari komitmen kelompok pemanfaat Dana Bergulir yang senantiasa tepat waktu menyetor pengembalian pinjamannya dan keaktifan pengurus Dana Bergulir di kecamatan.

Kegiatan Sosial adalah kegiatan masyarakat yang mengandalkan swadaya serta didukung oleh dana Kegiatan Sosial PNPM Mandiri Perdesaan yang artinya Kegiatan Sosial PNPM Mandiri Perdesaan berfungsi untuk melengkapi keswadayaan masyarakat dan kontribusi kelompok mandiri maupun Pemda jika ada. Pelaksanaan Kegiatan Sosial harus dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan harus mampu memotivasi masyarakat untuk berjuang mencapai sumber penghasilan, akses kesehatan, lingkungan atau pendidikan yang layak. Pada prinsipnya Kegiatan Sosial ini harus mencakup beberapa hal diantaranya prioritas penerima manfaat adalah warga miskin dan mampu menggerakkan potensi kapasitas sosial masyarakat dan kemitraan dengan kelompok peduli serta responsif gender. Selain itu, pengelolaan Kegiatan Sosial dapat dipertanggungjawabkan melalui laporan pelaksanaan oleh UPK dan diinformasikan kepada masyarakat.

Laporan Pertanggungjawaban UPK pada Musyawarah Antar Desa (MAD) Pertanggungjawaban Tahunan UPK bulan Januari 2014 salah satunya menghasilkan bahwa UPK Kecamatan Lasalimu memiliki alokasi dana dari surplus untuk Kegiatan Sosial sebesar Rp. 18.640.000,- Berdasarkan hasil musyawarah, masyarakat menyepakati Kegiatan Sosial yang akan dilaksanakan yaitu pemberian bantuan BERAS kepada masyarakat miskin dan juga untuk masyarakat cacat yang tersebar di 15 desa dan kelurahan. Total keseluruhan masyarakat yang menerima beras sejumlah 360 orang berusia antara 40 – 100 tahun.

Akhirnya pada tanggal 19 – 30 Maret 2014 terlaksana juga penyerahan bantuan beras kepada masyarakat di 15 desa se kecamatan Lasalimu. Ada rasa haru yang melanda tatkala melihat senyuman ibu dan bapak yang menerima bantuan beras tersebut, 
...............sedikit tapi sangat berarti , Jangan menunggu bahagia baru bersyukur , tapi bersyukurlah , maka kau akan merasakan kebahagiaan ..................
            

Penulis  : Suriaty Djasang - Faskeu Kab. Buton

0 comments :

Post a Comment